Sering dengar tentang tanaman jati belanda? Konon kabarnya tanaman ini merupakan dapat digunakan untuk mengobati sakit perut serta sakit kembung. Dapat juga digunakan untuk mengobati penyakit malaria, diare, serta penyakit sifilis.

Tanaman jati belanda ini merupakan salah satu pengobatan tradisional yang telah lama di kenal di Indonesia. Bagian yang terpenting yang dijadikan obat adalah bagian daunnya. Bahkan pada saat belakang ini nama jati belanda ini semakin popular di masyarakat.

Daun jati belanda banyak digunakan sebagai bahan baku obat pelangsing modern. Bahkan kita juga dapat mendengar nama jati belanda sebagai bahan baku furniture di kalangan pengrajin dari Madura. Nah apakah tanaman jati belanda untuk obat dan juga untuk furniture ini merupakan tanaman yang sama?

Pohon Jati Belanda

Jawaban dari pertanyaan sebelumnya adalah berbeda. Kedua tanaman yang dimaksud diatas ternyata berasal dari jenis yang berbeda. Kayu yang dipakai dalam pembuatan furniture custom sebenernya merupakan berasal dari pohon pinus. Sedangkan daun jati belanda untuk obat pelangsing tersebut berasal dari tanaman bernama asli jati belanda. Di jawa, tanaman ini juga sering dikenal dengan sebutan jati londa ataupun jatos landi.

Tanaman ini termasuk dalam kelas malvales. Nama ilmiah dari tanaman jati belanda adalah Guazuma ulmufolia lamk atau Guazuma tamentosa kunth. Bentuk tanaman ini merupakan pohon perdu dengan bentuk daun yang menyerupai pohon teh.

Kayu Jati Belanda

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, bahwa bahan furniture jati belanda merupakan furniture yang dibuat dari bahan kayu pinus. Kayu jati belanda tentunya mempunyai keunggulan keunggulan dibandingkan dengan penggunaan kayu kampong.

Kayu belanda di Indonesia sendiri sering dijumpai dari pengolahan bahan bekas palet kayu jati belanda. Palet ini merupakan bahan limbah dari industri industri. Palet yang sudah tidak terpakai tersebut dibongkar dan dimanfaatkan untuk pembuatan mebel.

Tertarik untuk mengenal bahan jati belanda lebih lanjut? Kamu dapat membaca artikel kami lainnya mengenai kayu jati belanda. Jangan takut menggunakan jenis kayu ini walaupun termasuk kayu bekas. Kayu ini sudah memenuhi syarat kualitas dan daya tahan. Dengan menggunakan kayu ini berarti kamu sudah membantu membuat bumi lebih hijau lagi.

Pohon jati belanda, obat atau bahan furniture?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Powered by