Dunia tidak terkecuali Indonesia sekarang sedang dilanda pandemi virus Corona atau Covid-19.  Virus Corona ini mempunyai tingkat kematian yang tinggi dan juga penyebaran antara orang ke orangnya juga masif.  Perlu dibuat suatu kebijakan yang dapat membuat orang yang tidak saling berdekatan satu sama lain agar jangan sampai tertular.  Momen yang paling gampang untuk menularkan virus itu adalah ketika seseorang sedang travelling.  Sebuah perusahaan berinovasi  bikin furniture custom berupa sebuah fungsi yang memungkinkan social distancing  selama dalam perjalanan traveling.

Fakta  tentang kursi anti-Corona

Kursi anti-Corona ini sebenarnya bukan furniture custom baru. Kursi custom anti-Corona ini sebenarnya modifikasi dari sebuah bangku pesawat yang diberikan pembatas di tengah-tengahnya. Kapasitas Kursi ini  dapat menampung sampai hanya 2 orang saja. Sedangkan kita tahu bahwa kursi kelas ekonomi seharusnya mempunyai 3 baris

Perusahaan yang membuat kursi custom anti-Corona

Perusahaan yang membuat  furniture custom kursi ini bernama Universal Movement.  Perusahaan ini sebenarnya tidak bergerak pada bidang desain interior.  Core bisnis dari perusahaan ini adalah perusahaan transportasi berbasis teknologi.

Kursi Ini pertama kali diperkenalkan oleh Lukes Miles. Beliau adalah pendiri sekaligus CEO dari perusahaan Universal Movement tersebut.  Kursi anti-Corona tersebut diberi nama Interspace Lite.

Kursi ini akan diproduksi massal dalam waktu dekat seiring dibukanya kembali penerbangan. Dunia penerbangan sudah terpukul semenjak wabah Covid-19 ini merebak di dunia. Dalam proses produksinya, perusahaan menggandeng perusahaan pembuat kursi pesawat terbang bernama Safran.

Ergonomi furniture sebuah kursi

Fungsi paling penting dari furniture adalah agar orang nyaman pada saat beraktivitas menggunakan  furniture  tersebut.  Hal ini tidak lepas dengan ketika kita duduk di sebuah kursi.  Tentunya pada saat berpergian atau travelling kita dapat duduk dalam rentan waktu yang cukup panjang.  Apalagi jika perjalanan kita tempuh lumayan jauh  sehingga Mungkin saja kita bisa seharian berada di kursi.

Apa itu ergonomi pada furniture custom?

Tingkat kenyamanan pada  sebuah furniture disebut juga dengan ergonomi.Tentunya untuk dapat Mengukur tingkat kenyamanan suatu furniture kita membutuhkan metodologi yang benar.

Kenyamanan tentunya sangat bersifat subjektif,  setiap orang pastinya merasakan hal yang berbeda-beda.

Vendor yang terspesialisasi bikin custom furniture tentunya memasukan faktor ergonomi ini ke dalam rancangan desain mereka. Mereka melihat berbagai variabel yang bisa meningkat user experience pada saat menggunakan produk mereka.

Faktor yang mempengaruhi ergonomi sebuah furniture custom

Faktor paling utama yang mempengaruhi ergonomi adalah bagaimana sebuah furniture dibuat  untuk kalangan tertentu.  Tentunya pada saat mendesain sudah difokuskan pada suatu kegiatan yang dilakukan oleh user tersebut.

Kita harus memasukkan variabel-variabel  seputar fisik user, Berapa lama pemakaian, Kegiatan apa ya dilakukan, dan kondisi lingkungan yang sedang dihadapi.Jika semua variabel terpenuhi dan sesuai dengan profil dari zat tersebut.  Bisa dikatakan bahwa furniture custom tersebut mempunyai sisi ergonomis yang bagus.

Ergonomi pada kursi anti-Corona

Merupakan sebuah kursi untuk travelling

Kursi anti-Corona ini merupakan sebuah kursi pesawat pada umumnya. Tujuan dibuatnya kursi anti-Corona ini Tentunya adalah untuk mencegah penyebaran dari Covid-19 pada saat seseorang sedang travelling.

Seperti yang kita sudah ketahui,  pada saat new normal mendatang pesawat ekonomi tidak lagi mempunyai 3 baris kursi.  Penggunaan kursi yang  terletak di tengah dilarang oleh protokol  kesehatan yang baru.

Pembatas antar user

pembatas di kursi anti corona

Sebagai pengganti kursi tengah tersebut adalah dengan diberikan sekat. Sekat tersebut perlu dipikirkan dan dirancang agar tidak menurun experience pada saat travelling.

Penggunaan sekat yang transparan tentunya membuat orang menjadi tidak nyaman. Sedangkan penggunaan sekat yang bulky akan membuat kesan seakan sedang di penjara.

Lagi lagi desain interior mengambil peran yang penting dalam pendesainan pada sekat tersebut. Ideal nya keberadaan sekat tersebut tidak terlalu mengganggu aktivitas user serta memberikan kesan seperti di penjara.

Ruang Penyimpanan

ruang penyimpanan di kursi anti corona

Alangkah mubazir kalau sekat tersebut hanya berfungsi sebagai pembatas saja.  Pada bagian sekat tersebut  ditambahkan ruang penyimpanan untuk benda-benda kecil yang sering digunakan pada saat penerbangan.

Ruang penyimpanan bukan merupakan suatu bentuk Ergonomi yang dapat dirasakan langsung. Ruang  penyimpanan berguna menambahkan  experience dari pengguna agar tidak rempong dalam mengorganisasi barang bawaannya.

Social Distancing pada saat travelling

Social distancing pada saat new normal merupakan hal yang yang ditekankan dan harus dilaksanakan.  Social distancing berguna untuk mencegah penyebaran dari virus Covid-19 ini.  Setiap orang dipaksa untuk melakukan social distancing terutama pada saat sedang travelling.

Walaupun sudah banyak protokol serta fasilitas publik yang didesain ulang untuk mendukung berbagai kegiatan new normal.  Kita tidak boleh hanya tergantung pada  sistem yang baru saja.  Peningkatan kesadaran diri akan pentingnya social distancing menjadi kunci kesuksesan kita bersama dalam mengatasi wabah pandemi ini.

Kesimpulan

Manusia  merupakan makhluk yang dapat beradaptasi dengan lingkungan.  Manusia juga dapat beradaptasi dengan suatu kondisi baru dan mempunyai insting untuk survive.  Kita jangan hanya bergantung pada sistem saja tetapi harus meningkatkan kesadaran tentang pentingnya social distancing.  Terobosan dari perusahaan yang bikin furniture custom kursi anti-Corona ini patut diacungi jempol. Sebuah kreativitas demi meningkatkan survivalitas manusia di tengah pandemi yang terjadi.

bikin furniture custom kursi anti corona
bikin furniture custom kursi anti corona
Perusahaan ini Bikin Furniture Custom Kursi Anti-Corona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Powered by