Apa sih yang menyebabkan kamu tertarik dengan menggunakan kayu jati belanda pada furniture ataupun produk-produk kayu? Tentunya alasan utama adalah Dikarenakan Serat jati Belanda ini mempunyai karakteristik yang unik dan  eksotis. Tapi jangan salah, tidak semua serat jati Belanda mempunyai serat yang eksotis.

Lho kok bisa begitu? Yang pasti kayu jati Belanda yang tersedia di pasaran bisa jadi berasal dari jenis pohon jati Belanda yang berbeda-beda. Contoh kongkritnya, kamu dapat melihat furniture yang berasal dari kayu pinus pada produk-produk Ikea. Bagaimana menurutmu tentang Kayu pinus yang mereka gunakan?

Kayu pinus yang digunakan pada produk produk Ikea biasanya tidak mempunyai serat yang eksotis. Kelebihan dari kayu pinus tersebut adalah tidak adanya cacat kayu yang terlihat jelas. Hal ini disebabkan karena quality control dan juga standar dari produk produk Ikea sudah ditentukan sedemikian rupa.

 

Kayu Jati Belanda Serat Jerman

Kayu jati Belanda yang mempunyai serat yang eksotis dan juga menarik sering disebut dengan jenis kayu jati Belanda serat Jerman. Kayu jati Belanda serat Jerman ini dikarenakan bahan kayu pinus yang digunakan berasal dari negara-negara Eropa. Di Indonesia sendiri, kayu serat Jerman ini berasal dari palet palet yang digunakan pada pabrik-pabrik dari Eropa.

Sumber dari kayu serat Jerman ini biasanya diambil dari pabrik-pabrik otomotif terutama pabrikan Eropa seperti BMW, Mercy,  dan lainnya. Seperti yang kamu tahu, pabrikan tersebut merupakan pabrikan dari Negara Jerman. Oleh sebab itu kayu jati Belanda nya dikenal juga dengan kayu jati Belanda serat Jerman.

 

Finishing Kayu Jati Belanda

Untuk dapat menonjolkan keunikan serta esok eksotisme dari kayu tersebut maka dipilihlah finishing dengan sebutan natural. Finishing natural tersebut mengoleskan lapisan transparan pada permukaan kayu.  Lapisan finishing-nya bisa dari bahan-bahan sintetis maupun minyak alami.

Salah satu metode finishing yang digunakan adalah dengan mengoleskan oil atau minyak yang berasal dari bahan alami.  Salah satunya contoh produknya  adalah  teak oil atau linseed oil. Keunggulan dari finishing jenis oil ini adalah kita bisa mendapatkan kesan yang natural dan alami dari sebuah kayu. Pengolesan minyak tersebut juga dapat mempertegas alur-alur dari serat kayu tersebut menjadi lebih kontras.

 

Harga Kayu Jati Belanda

Apakah ada perbedaan harga dari jati belanda serat jerman dengan jenis kayu pinus lainnya? Pastinya ada perbedaan harga antara jenis kayu serat Jerman dengan lainnya. Hal ini dikarenakan keterbatasan stok serta nilai estetika yang mungkin bertambah jika menggunakan bahan jenis ini.

Biasanya untuk kayu jati Belanda non serat Jerman dijual Papannya antara 3000-5000 Rupiah. Untuk kayu jati Belanda serat Jerman harganya terpaut lebih mahal antara 2000 sampai Rp3.000, Keunggulan lain dari  kayu serat Jerman ini adalah  terdapat ukuran-ukuran yang yang lebih besar dibandingkan dengan papan yang tersedia di pasaran. Hal ini disebabkan karena palet yang menggunakan jati belanda serat Jerman adalah pada  industri otomotif yang membutuhkan palet kayu dengan dimensi yang besar.

 

Bagi kamu yang menginginkan furniture dengan serat-serat yang eksotis saat disarankan untuk menggunakan jenis kayu jati belanda serat Jerman. Harganya mungkin akan sedikit berbeda dibandingkan dengan jati Belanda biasa tetapi itu worthed banget untuk mempercantik tampilan furniture yang dibuat.  Konon katanya,  kayu jati bahasa Jerman ini mempunyai kualitas serta ketahanan yang lebih bagus dibandingkan dengan dan jenis lainnya.

jati belanda serat jerman
jati belanda serat jerman
Mengenal Kayu Jati Belanda Serat Jerman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Powered by