Penggunaan kayu pinus sangat banyak di gemari pada saat sekarang ini. Hal ini dikarenakan karena beberapa faktor yang menyebabkan meroketnya popularitas dari kayu pinus tersebut. Kita pastinya sering menemukan furniture yang dibuat dari kayu pinus yang dijajakan di pinggir jalan. Kita sering mendengar dengan nama custom furniture jati belanda.

La koq namanya bisa berbeda jauh dari kayu pinus menjadi kayu jati belanda. Apakah ada hubungannya dengan belanda? Sejak kapan sih kayu jati belanda ini digunakan sebagai bahan baku furniture. Oia Kalau kamu sulit membedakan mana furniture yang menggunakan kayu pinus atau pun kamu bisa mengamati dari penampakan serat dari bahan baku furniture tersebut.

custom furniture jati belanda
custom furniture jati belanda

Tidak lah terlalu sulit untuk membedakan apakah suatu furniture termasuk custom furniture jati belanda atau bukan. Jati belanda mempunyai serat yang unik serta kebanyakan permintaan untuk furniture dari jati belanda ini memiliki finishing natural. Finishing natural disini berarti tidak ada proses pewarnaan pada produk, finishing yang dilakukan hanya berfungsi  untuk memberikan perlindungan bagi bahan kayu di bawahnya.

Perlindungan yang diberikan lapisan finishing kepada bahan di bawahnya bertujuan agar kayu yang digunakan tidak mudah lapuk dimakan waktu. Musuh utama dari kayu antara lain adalah sinar matahari UV, kelembapan udara, udara yang kering, cipratan air, Hama kayu seperti raya ataupun kutu bubuk. Nah dengan mengaplikasikan cairan finishing diharapkan kayu tersebut lebih tahan terhadap serangan serangan tersebut.

Sebelum nya kita tampaknya harus lebih membahas tentang apa sih itu kayu pinus atau kayu jati belanda. Kayu pinus sejatinya merupakan kayu yang berasal dari tanaman dengan marga cemara. Nah di indonesia biasanya dikenal dengan pohon cemara. Pohon ini dapat bertahan di lingkungan ekstrim. Kita lihat contoh di negara di daerah eropa yang mengalami 4 musim. Tanaman ini dapat bertahan pada saat musim panas dan terpapar matahari secara langsung, serta dapat bertahan selama musim dingin dimana kita tahu pada saat musim dingin ini jarang mendapatkan suplai air dan suhu udara yang nyaris di bawah 0.

Tentunya terdapat perbedaan antara pinus yang berasal dari daerah yang bermusim 4 tersebut dengan kayu pinus yang tumbuh di sekitar garis katulistiwa. Pinus yang tumbuh di sekitar garis katulistiwa tidak mengalami perubahan suhu yang ekstrim sebagaimana pohon pinus yang tumbuh di benua amerika atau eropa. Perbedaan yang paling mencolok berada di banyaknya mata serta banyaknya serat dari pohon pinus tersebut. Dimana pada pinus yang tumbuh pada 2 musim saja maka kita akan menemukan serat pinus yang cenderung lebih lurus lurus dan lebih banyak kita jumpai mata kayu

Mata kayu ini merupakan dampak karena pohon pinus tersebut mempunyai banyak cabang. Banyaknya cabang berarti banyak daun yang ada di pohon pinus tersebut bukan. Dengan banyak daun tentunya mempunyai keuntungan tersendiri antara lain pada musim hujan dapat meningkatkan daya serap air dan juga penguapan pada saat yang sama. Pada musim panas dengan banyaknya daun tersebut maka daun yang paling atas dapat di korban kan untuk membuat teduh daun daun di bawahnya. Intensitas cahaya matahari tidak dapat menembus sampai ke bawahnya. Hal itu menjadikan penguapan air menjadi berkurang pada musim panas.

Darimana pun asal kayu pinus tersebut tentunya kayu pinus termasuk jenis kayu lunak. Dimana kayu lunak tentunya lebih mudah untuk diolah dan di proses menjadi suatu bahan. Yang pasti kalau kita bandingkan dengan kayu keras tentunya dari segi kekuatan berbeda jauh. Nah walaupun begitu kayu pinus ini masih cocok koq untuk dijadikan konstruksi furniture maupun konstruksi bangunan.

custom furniture jati belanda
custom furniture jati belanda

Pengolahan kayu pinus dengan tepat dan tahap tahap finishing yang benar akan menjamin custom furniture jati belanda yang kamu beli akan bertahan lama. Kami dari Dapur Cantiku melayani buat furniture custom dari bahan kayu jati belanda atau kayu pinus. Kita menerima finishing jenis natural , melamik maupun semi fancy. Kamu dapat menghubungi tim Dapur Cantiku melalui no WA 0838 0709 3759 atau no WA 0838 7111 1428. Terimakasih sudah berkunjung.

Custom Furniture Jati Belanda : Kayu keras vs Kayu lunak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Powered by