Finishing jati belanda bisa dibilang susah susah gampang. Gampang karena kayu ini sebenernya mempunyai karakteristik serat yang bagus dan dapat di tonjolkan. Susah dikarenakan kayu jati belanda bisa dikatakan sebagai kayu bekas sehingga kita dapat temukan berbagai cacat kayu.

Cacat pada kayu sebenernya bukan menjadi suatu permasalahan berarti. Tapi hal ini berbeda bagi sebagaian orang. Mereka mengganggap bahwa cacat kayu sangat mengurangi keindahan estetika dari produk jadi.

Tak bisa dipungkiri pada saat sekarang ini, kita semakin susah untuk mendapatkan kayu yang mempunyai kualitas yang baik. Dari segi kuantitas punĀ  bisa di katakan semakin sedikit. Banyak nya lahan yang dibuka dengan cara di bakar dan tidak ada gerakan penanaman pohon kembali menjadi kan penyebab turunnya produksi kayu secara global.

Berbagai upaya tentunya sudah dilakukan oleh masing masing negara. Penanaman lahan yang kosong merupakan salah satu cara untuk mengatasi kegundulan lahan akibat ekspansi massif yang dilakukan beberapa decade terakhir ini. Akan tetapi proses penanaman kembali tersebut lebih memilih untk mengutamakan tumbuhan pohon yang cepat tumbuh.

Tumbuhan yang sering dipilih adalah pohon jabon, pohon sengon, dan juga pohon pinus. Jenis jenis pohon tersebut mempunyai umur yang singkat sampai bisa di panen kembali. Hal ini sangat berbeda, bila kita menanam pohon jenis jati dan sepertemannya,

Kita bisa tebak bukan? Dari segi kualitas juga kita bisa langsung dapat menilai bahwa kayu yang dihasilkan tentunya mempunyai kualitas di bawah. Sehingga salah satu alternatif yang mudah dan murah adalah dengan cara mendaur ulang furniture furniture yang tidak terpakai atau sudah bosan dengan desainnya.

Selain dengan daur ulang furniture tersebut kita juga mendapakan bahan kayu dari palet palet kayu bekas industri. Kayu dari palet palet kayu tersebut inilah yang disebut dengan sebutan jati belanda. Kamu harus catat, bahwa serat nya itu kece kece loh, bisa di bandingkan dengan kayu kayu eksotis seperti sungkai misalnya.

 

Cacat Kayu Jati Belanda

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa kayu jati belanda adalah kayu bekas. Kita dapat temukan berbagai cacat kayu yang bisa saja ada dan timbul. Cacat kayu itu bisa berasal dari proses yang sudah ada sebelumnya, bisa juga berasal dari sifat alami kayu tersebut.

Pada proses pembuatan palet tentunya aka nada proses penyekrupan dan pemakuan. Proses tersebut tentunya akan meninggalkan lubang pada saat kita bongkar palet tersebut. Lubang lubang ini kadang berwarna hitam bila paku yang di gunakan sudah terlalu lama dan berkarat.

Penyimpanan dari palet palet bekas ini kadang asal saja. Palet bekas ini di tempatkan di luar ruangan tanpa atap sehingga terpapar matahari secara langsung dan terkena air hujan juga. Proses cuaca yang tidak tentu tersebut memicu proses pelapukan kayu.

Proses pelapukan kayu bisa dibilang adalah proses dimana kayu menjadi lebih empuk dan mudah terurai. Hal ini disebabkan karena adanya aktifitas organisme dan biologis. Salah satu organisme yang menyerang kayu adalah jamur dimana pada kayu jati belanda kita mengenal dengan sebutan blue stain. Blue stain ini ditandai dengan adanya bercak bercak berwarna hitam kebiruan pada permukaan kayu jati belanda.

 

Cacat Finishing Kayu Jati Belanda

Karena ada nya cacat kayu yang mungkin timbul, maka kita membutuhkan suatu proses yang disebut dengan proses finishing. Proses finishing merupakan suatu rangkaian proses yang diterapkan pada kayu sehingga produk jadi yang dihasilkan mempunyai baku mutu yang berkualitas. Proses finishing ini berlangsung dari persiapan bahan sampai dengan menjadi produk jadi.

Finishing tentunya harus sesuai dengan SOP yang berlaku. Jika kita tidak menggunakan SOP yang berlaku bisa saja kita menghasil hasil yang bagus tetapi mungkin secara daya tahan dapat berkurang. Proses finishing yang baik tentunya menghasil kan produk yang baik pula. Produk yang terbuat dengan kayu jati belanda tentunya bisa memiliki baku mutu yang tinggi bila melalui proses finishing yang baik.

jati belanda
jati belanda
Cacat kayu jati belanda | Intip yuk apa saja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Powered by