Tertarik untuk Buat Furniture Custom dari pengrajin di Area Jabodetabek? Tapi belum yakin dan takut kalau nanti harga bakal mahal dibandingkan dengan membeli jadi di toko toko furniture. Pada artikel ini kami dari Dapur Cantiku mengajak anda untuk mempercayakan pembuatan furniture ada pada workshop kami. Kami menyediakan pembuatan meja custom, sofa custom, lemari custom hingga kitchen set custom.

Tapi jangan salah sangka terlebih dahulu ya. Harga furniture custom di kami tidaklah lebih mahal loh dibandingkan dengan harga harga furniture yang sudah jadi di luaran sana. Kenapa bisa begitu? Ya nama furniture custom. Tentunya semua semua di dasarkan pada kebutuhan anda sebagai konsumen kami. Dari segi dimensi ukuran, desain furniture itu sendiri sampaikan dengan nilai budget dari anda sendiri. Anda dapat memberitahukan kepada kami, biarkan kami yang mendesainkan untuk anda. Anda tinggal duduk tenang di rumah dan terima beres saja. Bukan kah enak begitu?

buat furniture meja custom
buat furniture meja custom

Dalam proses Buat Furniture Custom di Dapur cantiku, secara garis besar terdapat 2 macam proses berdasarkan material yang diolah. Kami menggunakan material kayu solid dan juga material kayu lapis. Perlu anda semuanya ingat, kami tidak menggunakan material papan press atau yang disebut dengan particle board. Kami juga tidak menggunakan material mdf untuk material yang digunakan dalam custom furniture di kita. Nah pada artikel ini. Kita akan bahas tuntas dulu kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis bahan tersebut itu ya. Supaya tidak salah kaprah ke depannya. Kita hanya ingin memberikan kualitas terbaik kepada konsumen oleh karena itu harga custom furniture triplek atau papan jati belanda tentunya akan mempunyai harga yang lebih mahal dibandingkan dengan bahan particle board.

buat furniture lemari custom
buat furniture lemari custom

Apa itu material Particle Board?

Material particle board mempunyai nama lain kayu press. Sesuai dengan namanya material ini berasal dari serbuk serbuk kayu maupun serpihan kayu yang di press dengan mesin press bertekanan tinggi dan kemudian diberikan resin perekat agar antara serpihan tersebut dapat menempel.

Kemudian material tersebut di press sampai resin perekat tersebut kering sepenuhnya. Setelah kering, material tersebut kemudian masuk ke dalam proses lebih lanjut dimana raw material tersebut akan digranding agar rata dan semua sisinya dipotong agar siku.

Adapun bahan resin perekat yang digunakan merupakan sejenis resin yang tidak tahan dengan air sehingga kenapa particle board akan terlepas atau ambyar jika terendam air dalam waktu relative lama. Selain itu karena permukaan dari particle board tidak ada sealer nya maka dari waktu ke waktu material ini akan menyerap kelembapan sehingga mempunyai resiko untuk mengembang.

Apakah material Particle Board cocok untuk Furniture?

Material Board sebenernya sangat cocok untuk bahan furniture. Material ini mempunyai tingkat kehalusan dan kerataan yang sangat fantastis. Cost untuk produksinya pun lebih murah dibandingkan dengan material lainnya. Dari berat jenisnya sendiri pun lebih berat daripada yang lain sehingga material particle board dengan ketebalan yang lebih tipis akan menghasilkan produk yang lebih kokoh dibandingkan produk dari material jenis lain dengan ketebalan yang sama

Untuk Finishingnya pun akan lebih mudah dikarenakan keunggulan dari kehalusan dan kerataan nya tesrebut. Biasanya pabrik pabrik furniture menggunakan lapisan yang lebih tipis dibandingkan dengan hpl ataupun decosheet. Bahkan ada juga pabrik yang menggunakan bahan sejenis kertas untuk pelapisan material particle board ini.

Bagaimana daya tahan dari material Particle Board tersebut?

Berbicara daya tahan sangat erat hubungannya dengan cara perawatan dari user furniture tersebut. Pada saat suatu produk diproduksi, para tim desainer sudah merancang dan memastikan bahwa produk yang mereka buat dapat sampai ke tempat consumer tanpa ada kekurangan suatu apapun.

Mereka sudah merancang jalur produksi, jalur distribusi dan teknik pemasangan knock down yang dapat menjamin produk dalam kondisi 100 Persen ketika sampai ke tangan konsumen. Walaupun furniture ini bersifat knock down, akan tetapi jika bolak balik bongkar pasang tentunya akan mengurasi umur dari produk ini. Proses pembersihan yang tidak tepat juga dapat mengurangi umur dari produk furniture yang terbuat dari particle board.

Bagaimana kekuatan dari material Particle Board tersebut?

Tentunya jika kita berbicara tentang kekuatan maka kita harus membicarakan tentang resin perekat yang digunakan untuk menyatukan partikel kayu tersebut. Resin perekat merupakan kekuatan utama yang menjaga agar serpihan serbuk kayu tersebut membentuk sebuah panel yang kita inginkan.

Umur resin katalis pada umumnya dapat bertahan sampai dengan 5 tahun jika tidak terpapar cahaya matahari secara langsung, tidak terendam air maupun tidak ditaro di tempat lembab. Oleh karena itu, pentingnya awareness dari user untuk menjaga dan merawat furniture tersebut agar kekuatannya tidak berkurang drastis.

Bagaimana membedakan furniture yang terbuat dari bahan Particle Board tersebut?

Setelah selesai dri proses finishing pastinya suatu produk akan dikiramkan kepada konsumen. Untuk produk produk pabrikan yang knock down kita dapat dengan mudah membedakan apakah furniture custom tersebut menggunakan particle board atau tidak

Pada bagian sambungan antar panel biasanya tidak tertutup sehingga kita bisa langsung melihat material apakah yang dipakai. Nah dari celah ini lah air dan kelembapan dari merembes masuk kedalam panel sehingga menyebabkan panel mengembang karena resin perekat larut dengan air

Mengapa pada saat sekarang banyak furniture yang menggunakan Particle Board?

Sudah kah kamu merasakan bahwa harga kayu dari hari ke hari semakin naik. Ya hal tesebut dikarenakan jumlah kayu yang dapat dipanen sangat jauh lebih sedikit dibandingkan dengan permintaan pasar.

Hal ini menyebabkan produsen produsen berpikir untuk memanfaatkan sisa sisa bahan maupun penggunaan kembali bahan bahan yang telah digunakan. Salah satunya adalah dengan metoda particle board ini dimana produsen berupaya untuk mengolah limbah serpihan maupun serbuk kayu sehingga dapat digunakan kembali menjadi bahan produksi untuk sebuah produk.

Mengapa harga Furniture dari Particle Board lebih murah dibandingkan dengan lainnya?

Seperti yang kamu ketahui bahwa bahan particle board ini merupakan pengolahan dari bahan sisa serpihan kayu dan serbuk kayu. Hal ini yang menyebabkan harga dari particle board pastinya lebih murah karena bahan dasarnya adalah pemanfaatan limbah limbah saja.

Adapun secara distribusi dan pengolahan bahan bahan tersebut dilakukan secara industrial dan berjumlah banyak atau masal. Pengolahan secara industrial tentunya mempunyai tingkat efektifitas dan efisiensi yang lebih baik dibandingkan dengan kelas rumahan. Hal itu pula menjadi factor penting sehingga harga produksi dapat ditekan.

Apa yang dimaksud dengan material MDF?

Mdf sebenernya mirip dengan particle board yang membedakan adalah mdf tidak menggunakn serpihan kayu melainkan hanya serbuk kayu yang berukuran kecil atau lebih halus. Hal ini menyebabkan mdf terasa lebih pada dibandingkan dengan particle board.

Mdf sendiri mempunyai kehalusan dan kerataan yang sedikit diatas particle board. Sehingga bisa dibilang karakteristik nya hampir mirip.

Apa Perbedaan antara Particle Board dengan MDF?

Secara fisik kita dapat dengan mudah membedakan antara particle board dengan mdf. Serbuk serbuk kayu dan serpihan serpihan kayu yang dipress masih dapat terlihat pada particle board sedangkan pada mdf hanya terlihat bintik bintik hitam kecil dan coklat.

Dari segi kekuatan mdf tidak langsung ambyar jika terkena air. Sedangkan particle board akan lebih cepat ambyar jika terkena air. Hal ini dikarenakan pada mdf ikatan antara materil serbuk kayunya lebih kecil dibandingkan dengan particle board.

Bagaimana komparasi bahan Particle Board, MDF, dan multiplek / triplek?

Dari segi harga tentunya material particle board merupakan yang termurah sedangkan material multiplek yang paling mahal. Hal itu wajar sebab particle board dan mdf menggunakan bahan bahan sisa saja. Sedangkan multiplek dan kayu untuh yang di slice atau di veneer

Dari daya tahan jelas penggunaan material triplek dan multiplek lebih baik dibandingkan  material mdf dan partikel board. Biasanya material partikel board digunakan oleh custom furniture sekelas pabrikan.

Ada kah Vendor Jasa Pembuatan Furniture Custom yang tidak menggunakan particle Board?

Ya tentunya banyak vendor vendor yang masih menggunakan kayu berkualitas baik dalam pembuatan produk produk custom furniture. Salah satu dari vendor tersebut adalah Dapur Cantiku.

Dapur Cantiku menyediakan berbagai meja custom,  lemari custom dengan desain minimalis maupun modern. Percayakan proyek anda kepada tim Dapur Cantiku. Kami bantu anda mulai dari menentukan desain sampai pembuatannya ^^

Dari Pertanyaan diatas apakah ada pertanyaan yang mungkin muncul di benakmu selama ini. Sudahkah semua pertanyaan mu itu terjawab. Jangan khawatir ya gaes karena di Dapur Cantiku, kami hanya menggunakan bahan bahan triplek serta multiplek. Bahan bahan dan pengejaan terbaik akan menghasilkan produk yang baik dengan kualitas dan daya tahan yang baik pula. Buat kamu yang sedang menjadi vendor untuk Buat Furniture Custom. Jangan ragu untuk mempercayakan pengerjaan anda di kita ya. Kami selalu memberikan yang terbaik. Jika anda ingin konsultasi ataupun ada pertanyaan seputar custom mebel, anda dapat kontak tim Dapur Cantiku pada no WA 0838 7111 1428 atau WA 0838 0709 3759. Terima Kasih

Buat Furniture Custom Bukan Partikel Board / MDF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Ada Yang Bisa Kami Bantu?
Powered by